Dengan “Yellow Monste” Husein Juara 1 Tingkat Nasional pada Writing and Story Telling Contest 2016

Dengan “Yellow Monster” Husein Juara 1 Tingkat Nasional pada Writing and Story Telling Contest 2016 di UNY

 

Siswa SMK Negeri Jawa Tengah kembali menorehkan prestasi di ajang kompetisi tingkat nasional. Kali ini, Ahmad Husein siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan memenangi kompetisi “Writing and Story Telling Contest 2016” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNY, Sabtu (13 Maret 2016). Pada kompetisi tersebut Husein mampu mengalahkan puluhan sekolah SMA/SMK/MA se-Indonesia setelah melalui tahapan seleksi tertulis dan unggul dalam kompetisi 10 besar. Adapun siswa yang lolos 10 besar berasal dari SMK Negeri Jawa Tengah, SMA Negeri 4 Yogyakarta, MAN 1 Yogyakarta, SMA Negeri 1 Godean, SMK Kesehatan Bantul, SMA MTA Surakarta, SMA N 1 Klaten, dan SMAI Budi Mulia Dua.

 

Dalam Perlombaan Writing and Story Telling Contest 2016 tersebut, Husein mendapatkan penghargaan yang berupa piala bergilir dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Piala Gubernur DIY, uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000, subsidi biaya 100% untuk kursus di Bimbingan Belajar Primagama, dan subsidi biaya 50% untuk kursus di Swift English School. Adapun juara 2 diraih oleh siswi dari SMA MTA Surakarta dan juara 3 diraih oleh siswi dari SMA N 1 Klaten.

 

Ronggo Sindhu Murthy, selaku ketua panitia penyelenggara menjelaskan kegiatan Writing and Story Telling Contest merupakan serangkaian lomba pada kompetisi “Chemistry And English Competition 2016”. Selain lomba Writing and Story Telling Contest, juga digelar lomba Olimpiade Kimia dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Ronggo juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNY.

 

Husein mengangkat cerita dengan judul “Yellow Monster” yang membahas seputar pembalakan liar yang dilakukan oleh manusia. Peristiwa tersebut menjadikan kehidupan hewan di hutan menjadi terganggu hingga akhirnya bangsa hewan melakukan perlawanan dengan cara merusak mesin buldoser milik para pembalak tersebut yang mereka sebut “Yellow Monster”. Husein berharap dengan cerita yang diambil dapat memberikan pesan moral bagi manusia yang suka melakukan perusakan hutan.

 

Muhammad Sabil Al Aziz, S.Pd., selaku guru pendamping juga menjelaskan kiatnya dalam membimbing siswanya hingga mampu meraih gelar juara pada kompetisi tersebut. “Kunci kesuksesan berada pada keseriusan dalam berlatih dan rasa percaya diri dari siswa. Apalagi dalam kompetisi bahasa Inggris, siswa harus memiliki keberanian dan kemampuan yang cukup dalam mengungkapkan gagasannya menggunakan bahasa Inggris”, papar Aziz.

 

Sulistyo, MM., selaku Plt. Kepala SMK Negeri Jawa Tengah menambahkan prestasi yang baru saja diraih oleh siswanya tersebut menambah daftar prestasi tingkat Nasional yang telah diraih oleh sekolah. Prestasi pada kompetisi Writing and Story Telling Contest ini menurutnya adalah kejuaran pertama yang diraih oleh SMK Negeri Jawa Tengah sebagai juara 1 dalam perlombaan tingkat Nasional. “Prestasi ini semakin memantapkan kami dalam mendidik siswa-siswi miskin yang berprestasi di Jawa Tengah, pasalnya mereka yang masih duduk di kelas X sudah mampu meraih prestasi di tingkat Nasional seiring dengan umur sekolah yang baru 2 tahun”, tegas Sulistyo.

 

humas@smknjateng.sch.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *