Pramuka SMKN Jateng Peringati HUT Gerakan Pramuka ke-55

Peringati HUT Gerakan Pramuka ke-55 Pramuka SMKN Jateng

Tegakkan Langkah dengan Keren Gembira dan Asyik

Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pengembangan pendidikan karakter bagi generasi muda. Dengan melalui prinsip metodik pendidikan di luar non formal yang dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan dan menarik, Pramuka banyak diminati kaum muda. Selain itu, Pramuka menjadi satu-satunya gerakan kepanduan yang dilindungi dengan Undang-undang. Karena itulah, Gerakan Pramuka menjadi salah satu organisasi yang memberikan kontribusi besar bagi genearsi muda dalam menyongsong generasi emas. Salah satunya dengan menjadikan kegiatan kepramukaan menjadi muatan ekstra kurikuler wajib di setiap sekolah di Indonesia. Bahkan, pada kurikulum 2013 yang disusun oleh pemerintah Pramuka menjadi salah satu muatan pelajaran wajib bagi siswa di sekolah.

Di tahun ini, Gerakan Pramuka Indonesia memperingati HUT ke-55 pada tanggal 14 Agustus besok dengan mengusung tema Pramuka asyik, keren, gembira. Perayaan HUT Gerakan Pramuka di tahun ini semakin meriah dengan digelarnya kegiatan tingkat Nasional yatu Jambore Nasional yang diselenggarakan di Cibubur pada tanggal 8-15 Agustus. Tak mau ketinggalan, HUT Gerakan Pramuka juga diselenggarakan di satuan Pramuka hingga tingkat bawah seperti Kwarti Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting hingga di tingkat Gugusdepan. Salah satu gudep yang rutin menyelenggarakan kegiatan HUT Gerakan Pramuka adalah Gudep Kota Semarang 09.097-09.098 Pangkalan SMK Negeri Jawa Tengah. Tahun ini, Gudep SMKN Jateng memperingati HUT Gerakan Pramuka bersamaan dengan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dan Pelantikan Dewan Ambalan Penegak serta HUT Gudep yang ke-1.

Meskipun baru berusia 1 tahun namun kiprah SMK Negeri Jawa Tengah sudah cukup memberi kontribusi baik di tingkat Ranting hingga Nasional. Berbagai event seperti Gladhi Widya Satya Hanung Mahardika Kota Semarang, Latihan Pendidikan Kepemimpinan Pramukua (LPK), Raimuna daerah, hingga Jambore Pramuka SMK tingkat nasional. Selain itu banyak pula kegiatan-kegiatan partisipasi dan kegiatan prestasi juga telah banyak diikuti. Beberapa prestasi diantaranya adalah; Juara Runnerup Kompetisi Pramuka Penegak Pandawa Se-Jateng (Kompas) Unnes 2014, Juara Umum GWSHM tingkat Kota Semarang 2015, Juara Umum Kompetisi Pramuka Penegak (Kompak) Unnes 2015, Juara Tergiat 1 Putra dan tergiat 2 putri Rover Scout Competistion (Roscom) UPGRIS 2016, dan Juara Runnerup Lomba Kartini Returns Unnes 2016.

Dalam tradisi penyambutan anggota baru seluruh siswa wajib mengikuti kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan yang di dalamnya terdapat serangkaian acara seperti Upacara pindah golongan dari penggalang ke penegak dan upacara penerimaan calon penegak. Selama masih dalam proses tamu ambalan, anggota baru diajarkan berbagai adat dan tradisi yang ada di ambalan Diponegoro-Kartini. Begitu halnya tradisi sambut Dewan Penegak baru juga dilakukan dengan kegiatan tradisi masuk sanggar. Sebelum mereka dapat menempati ruang kerja (sanggar) banyak adat dan tradisi yang harus dilalui seperti tradisi “wijik toya suci”, minum “tirta wening” hingga tradisi “ndhodhog kori” yang merupakan serangkaian proses bagi Dewan Penegak Baru dalam mengawali masa bhakti kepengurusan.

 

Ditulis oleh: heri humas@smknjateng.sch.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *