PENDAFATARAN ONLINE PPDB SMKN JATENG 2017 RESMI DIMULAI

PENDAFATARAN ONLINE PPDB SMKN JATENG 2017 RESMI DIMULAI

 

Semarang (3/4). Bertepatan dengan hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa SMK, pendafataran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri Jawa Tengah tahun 2017 telah dimulai. Hal tersebut disampaikan oleh Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah di hadapan Wakil Gubernur, Heru Sudjatmoko saat memantau pelaksanaan UNBK SMK hari pertama di SMK Negeri Jawa Tengah Kampus Semarang. Selain itu, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah juga telah mengeluarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah nomor 421.4/02710 tentang Penerimaan Peserta Didik baru SMK Negeri Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.

Agak berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini penyelenggaraan sekolah SMK Boarding School di Jawa Tengah bertambah menjadi tiga lokasi sekolah yaitu, Kampus I SMK Negeri Jawa Tengah Semarang yang beralamat di Jl. Brotojoyo No 01 Semarang, Kampus II SMK Negeri Jawa Tengah Pati beralamat di Jl. Raya Pati-Tlogowungu Km.3 Pati, dan Kampus III SMK Negeri 3 Purbalingga yang beralamat di Jl. Letjen Sudani Purbalingga Lor. Adanya penambahan lokasi tersebut didasarkan atas adanya perubahan SOTK Pemprov Jateng terkait pelimpahan pengelolaan SMA/SMK di tingkat Provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Gatot Bambang Hastowo menyatakan tujuan ditambahnya lokasi sekolah berbasis asrama tersebut untuk lebih meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Jawa Tengah. Pasalnya, penyelenggaraan proses pendidikan di ketiga sekolah boarding tersebut dibiayai menggunakan APBD Provinsi alias gratis bagi masyarakat kurang mampu di Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Bambang Hastowo menjelaskan adapun program keahlian yang di buka di masing-masing sekolah adalah sebagai berikut; kampus I Semarang: (1) Teknik Bisnis Properti dan Bangunan, (2) Teknik Elektronika Industri, (3) Teknik Instalasi Tenaga Listrik, (4) Teknik Pemesinan, (5) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif; Kampus II Pati: (1) Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, (2) Teknik Body Otomotif; dan Kampus 3 Purbalingga: (1) Teknik Pemesinan, (2) Teknik Pengelasan. Daya tampung pada masing-masing jurusan sejumlah 24 siswa. Khusus untuk di kampus III Purbalingga, tiap jurusan dibuka untuk 2 kelas sehingga mampu menampung 48 siswa tiap jurusan. Jumlah keseluruhan daya tampung siswa di SMK Boarding School Jawa Tengah sebanyak 264 siswa.

Pendaftaran dimulai sejak tanggal 3 April – 5 Mei 2017 dengan cara online melalui aplikasi www.ppdb.smknjateng.sch.id  yang dapat di akses melalui website resmi sebagai berikut; www.pdkjateng.go.id ; www.smknjateng.sch.id ; dan www.smkn3purbalingga.sch.id. Berkaitan dengan penjelasan teknis tentang PPDB dapat dilihat pada Pedoman Pelaksanaan PPDB tahun 2017 yang dapat diunduh pada laman tersebut.

Ditulis oleh: Heri Purnomo@humas_smknjateng.

 

Wakil Gubernur Jawa Tengah, heru Sudjatmoko didampingi oleh Kepala Dinas pendidikan Provinsi Jawa Tengah, gatot Bambang Hastowo dan Kepala Balai Pengembangan Mutu Pendidikan Kejuruan, Reza Pahlevi saat memantau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri Jawa Tengah kampus Semarang.

18 Replies to “PENDAFATARAN ONLINE PPDB SMKN JATENG 2017 RESMI DIMULAI”

  1. Sekolah smk jateng bisa membuat hidup saya sukses karena ,fasilitas yan sangat lengkap dan saya ingin sekolah di smk jateng.

  2. maaf bapak saya adik kelasnya Ferza
    tadi saya sudah mendaftar tetapi saya lupa usernamanya bapak
    yang saya ingat hanya sandi
    itu bagaimana bapak
    terimakasih

      1. pak saya sudah mendaftar secara online,saya sudah mengisi semua data formulir,saya sudah menyimpan(mengirim) formulir tersebut,tetapi tanggal lahir dan nilai saya semester 1-5 kok tidak tertera ya?tanggal lahir dan nilai saya yang tertera 0 (nol)saya ingin mengulangi nya kembali,saya ingin mengisi formulir lagi dengan memasuk kan username dan pasword saya,tetapi tidak bisa karena username saya sudah saya kirim tetapi data yang saya kirim tidak lengkap,itu bagaimana ya pak?

  3. Bagaimana dengan seragamnya?..
    dan maksudnya gratis bagaimana?
    apakah gratis spp atau semacamnya..
    dan berapa uang gedung tiap tahunnya?

    1. Biaya pendidikan di SMK Negeri Jawa Tengah ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, mulai biaya pendidikan, asrama, makan, seragam dan keperluan sekolah lainnya.

  4. Kami berharap Smk jateng bisa menerima siswa anak berkebutuhan khusus yg memiliki kompetensi sebagai Smk inklusi di jateng

  5. Setelah mendaftar terus gimana??? Kok daftarnya cuma ngisi NISN dan nama siswa tanpa jurusan yg dipilih?? Apa hanya nunggu aja?? Tapi apa yg ditunggu??

  6. maaf bapak sebelumnya,keponakan saya mau daftar tapi dari jawa timur apakah bisa? dan apakah harus yang berprestasi atau nilainya biasa-biasa saja boleh ? ataukah ada persyaratan tertentu?terimakasih mohon balasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *