SUKSES DI LOMBA PEMILOS TINGKAT KOTA SEMARANG, THOWAF JADI RUNNER UP SANG KANDIDAT

Belum lama ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Semarang bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menggelar Lomba Penyelenggaraan Pemilihan Ketua OSIS tingkat SLTA se-Kota Semarang. Lomba yang digelar sejak bulan September-Oktober 2017 tersebut diikuti oleh 30 sekolah SMA/SMK negeri swasta di Kota Semarang. Dalam perlombaan tersebut, SMK Negeri Jawa Tengah mampu mengungguli dari sekolah lain sebagai juara 1. Juara kemudian disusul oleh MAN 2 Semarang di posisi kedua, SMKN 8 Semarang di posisi ketiga, kemudian MA AL ASROR di urutan 4 dan SMAN 13 Semarang serta SMAN 3 Semarang masing-masing di urutan 5 dan 6.

Plt. Kepala SMK Negeri Jawa Tengah Diyana, menjelaskan kesuskesan sekolah dalam meraih kejuaraan pada Lomba tersebut tidak lepas dari peran serta seluruh civitas akademik di sekolah, terutama pada bidang pembinaan kesiswaan di bawah arahan WKS kesiswaan. “Seluruh warga sekolah terlibat dalam pelaksanaan Pemilos, mulai dari Kepala Sekolah, WKS, Kaprog, guru, tenaga kependidikan, satpam, cleaning service, hingga seluruh siswa memiliki satu hak suara dalam memilih pemimin ketua OSIS”, jelas Diyana.

Sukiswanto, selaku WKS Kesiswaan menambahkan bahwa proses penyelenggaraan Pemilos di SMK Negeri Jawa Tengah dilaksanakan sedemikan rupa hingga menyerupai pelaksanaan Pemilu sebenarnya. Dengan berkaca dari pelaksanaan tahun sebelumnya yang juga diikutkan dalam perlombaan serupa, sekolah berusaha memperbaiki system dan tata cara pelaksanaan pemilos di sekolah. “Tahun lalu kami baru menduduki posisi ke-4 pada perlombaan Pemilos tingkat Kota Semarang. Tahun ini, kami sukses setelah berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya”, pungkas Kiswanto.

Kepala Kesbangpol Kota Semarang, Isdianto menuturkan kegiatan Lomba Pemilos degielar dengan tujuan sebagai sarana pembelajaran politik dan demokrasi bagi calon pemilih pemula di Kota Semarang. Isdianto juga menjelaskan proses penilaian dilaksanakan secara menyeluruh pada semua tahapan Pemilos. Dimulai dari Pra Pemilos, penilaian dilaksaknakan sejak proses sosialisasi pemilos, pendaftaran calon, kampanye kandidat, serta debat kandidat calon ketua OSIS. Pada tahap pelaksanaan Pemilos, penilaian dilaksanakan pada proses pemungutan suara, penghitungan suara, rapat pleno penghitungan suara, serta rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara. Sedangkan pada tahapan Pasca Pemilos, penilaian ditekankan pada kegiatan pelaporan.

Usai Lomba Pemilos, dilanjutkan Lomba Sang Kandidat

Tidak hanya berhenti di perlombaan penyelenggaraan Pemilos di sekolah, Kesbangpol Kota Semarang bersama KPU Kota Semarang dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Jateng menyelenggarakan Lomba Sang Kandidat. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari perlombaan Pemilos. Setelah diperoleh ketua OSIS dari masing-masing sekolah, para ketua OSIS diuji kemampuan kepemimpinannya melalui debat Sang Kandidat. Dengan mengusung tema “Peran Pemuda Kota Semarang dalam Mewujudkan Semarang Hebat”.

Dalam penyelenggaraannya, Kesbangpol juga bekerja sama dengan televisi swasta TVKU Semarang yang dimiliki oleh Udinus Semarang. Pelaksanaan lomba disiarkan secara langsung melalui televisi dan disaksikan oleh tim pendukung dari masing-masing sekolah. Dari 30 peserta yang mengikuti lomba Pemilos dan ikut serta dalam Lomba Sang Kandidat, hanya diambil 10 peserta perwakilan dari sekolah untuk mengikuti babak semi final. 10 peserta tersebut dibagi dalam 2 bagian untuk ditandingkan, kemudian diambil 5 peserta terbaik untuk masuk pada babak Grand Final. Adapun kelima sekolah yang berhasil masuk pada babak Grand Final adalah (1) SMAN 3 Semarang, (2) SMKN Jawa Tengah, (3) SMAN 10 Semarang, (4) SMAN 9 Semarang, dan (5) SMKN 7 Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *