PELAKSANAAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) GENAP TAHUN 2020 DALAM JARINGAN (DARING)

Menanggapi SE Mendikbud No.3 tahun 2020 tentang sistem home learning akibat dari penyebaran COVID-19 yang makin masif, sistem pendidikan di Indonesia pada setiap jenjang pendidikan berubah menjadi metode Daring (dalam jaringan) yang memungkinkan guru dan siswa tetap dapat melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) tanpa harus keluar rumah dan melaksanakan social distancing. Seperti halnya SMKN Jawa Tengah di Semarang yang melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap tahun  2020 secara daring.

PTS Daring ini dilaksanakan sejak tanggal 20 – 27 april 2020 dan sempat diundur sampai tanggal 30 april 2020 karena bertepatan dengan awal puasa Ramadhan 2020. Untuk menunjang koneksi internet setiap siswa mendapat bantuan kuota senilai Rp. 75.000. Pemberian bantuan kuota tersebut juga untuk meringankan beban orang tua siswa yang notabene berasal dari keluarga tidak mampu. PTS dilaksanakan melalui platform office 365 dengan soal yang dibuat sendiri oleh masing-masing guru mata pelajaran. Setiap mata pelajaran terdiri dari 20 soal dan siswa diberi waktu 60 menit untuk mengerjakan.

Karena dilaksanakan secara daring, para siswa terkendala akses internet yang buruk karena mengingat rumah siswa yang terletak jauh dari perkotaan tetapi media yang digunakan (misal hp) juga kurang memadai. Walaupun dengan segala keterbatasan yang dimiliki dan bertepatan dengan dilaksanakannya puasa ramadhan, para siswa tetap antusias dalam melaksanakan PTS Daring ini, seperti kata Ahmad Gunawan “Untuk menghadapi PTS kali ini harus mempersiapkan jiwa dan raga. Jiwa itu harus mengendalikan emosi pribadi dan mensucikan diri di bulan ramadhan agar nilai yang didapatkan juga berkah. Mempersiapkan raga artinya harus belajar sungguh-sungguh dan tidak lupa melakukan aktivitas fisik.”

 

Rahma Alifatunnisa X TEI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *