USBN SMKN JATENG DI SEMARANG

Kampus SMK Negeri Jateng di Semarang melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada 5 – 14 April 2022. USBN merupakan pengukuran capaian kompetensi dan penentu kelulusan peserta didik sebagai pengganti Ujian Nasional (UN).

Peserta kelas 12 mengikuti USBN dengan berbagai persiapan, seperti mempelajari materi dan kisi-kisi, mempersiapkan fisik dan mental, dan berdoa kepada Tuhan serta tak lupa doa restu dari kedua orang tua. Meski sudah memiliki persiapan, sebagian siswa/i merasa tegang saat menghadapi soal-soal USBN dikarenakan pembelajaran yang dilakukan secara daring (online).
“Rasanya cukup tegang, mengingat kan kelas 12 sekarang pembelajarannya banyak yang daring,” jelas Deby, siswi dari kelas XII-TKRO.

Selain itu, kendala yang mereka hadapi yaitu soal-soal yang tidak sesuai ekspektasi dan jauh dari kisi-kisi yang diberikan. Kendati demikian, siswa/i tetap bisa mengerjakan soal-soal tersebut sesuai harapan.
“Ada beberapa soal yang sudah sesuai dengan kisi-kisi dan ada juga yang mungkin jauh dari kisi-kisi. Tetapi, Alhamdulillah semuanya bisa dikerjakan dan semoga hasilnya bisa maksimal,” tutur Nanda, siswi dari kelas XII-BKP.

Harapan setelah USBN, siswa/i kelas 12 bisa mendapatkan nilai yang terbaik sehingga dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Motivasi dari siswi Nanda XII-BKP bagi adik-adik kelas 11 dan 10: “Tetap semangat dan ingat tujuan awal di sini untuk orang tua.”

Artikel ditulis oleh: Dini Nur Laela (XI BKP)
JURNALISTIK SMKN JATENG DI SEMARANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.